CategoriesKulit & Kecantikan

Mengenal Manfaat Citric Acid yang Dapat Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat Citric Acid

Bagi Anda yang mengalami masalah kulit kusam dan terdapat banyak noda di wajah, bisa mencoba manfaat skincare yang mengandung citric acid atau asam sitrat!

Citric acid merupakan asam yang bisa diraih secara alami dari buah seperti jeruk nipis, nanas, tomat, lemon, dan jeruk Bali.

Dilansir dari Cosmetic Info, pada 2016 U.S. Food and Drug Administration’s (FDA) Voluntary Cosmetic Registration Program (VCRP) melaporkan citric acid digunakan pada hampir semua kategori produk kosmetik, dengan lebih dari 10.000 produk yang menggunakannya.

Populernya Penggunaan citric acid pada produk kecantikan, mari kita bahas lebih lanjut manfaat citric acid untuk kesehatan kulit!

Manfaat Citric Acid Bagi Kulit

Ada berbagai manfaat citric acid yang bisa Anda dapatkan dari penggunaannya dalam produk skincare, di antaranya:

1.     Kaya akan Antioksidan

Manfaat pertama dari Citric Acid sebagai kandungan dalam produk perawatan kulit wajah ialah bahan alami yang penuh akan antioksidan. Seperti yang kita ketahui, antioksidan dapat berperan sebagai pelindungan kulit dari berbagai kerusakan dari sinar UV matahari.

Menurut Penelitian Binghamton University mengatakan jika kerusakan kulit akibat sinar UV sangat fatal bahkan yang terparah dapat menyebabkan kanker kulit.

Selain itu, antioksidan dari Citric Acid juga bisa membantu melawan stres oksidatif hingga akhirnya membuat kulit terlihat jadi lebih cerah.

2.     Berperan sebagai Exfoliator

Manfaat lain dari citric acid yang terdapat dalam skincare adalah mampu membersihkan sel-sel kulit mati.

Ini terjadi karena sifat asam sitrat yang dapat berfungsi sebagai eksfoliator.

Kemampuan asam sitrat sebagai eksfoliator ini akan membantu kulit dalam membuka pori-pori yang tersumbat, meratakan warna kulit, dan memperbaiki tekstur secara keseluruhan.

Tampilan kulit wajah pun akan terlihat lebih cerah dan bebas dari jerawat karena pori-pori lebih bersih.

Kabar baiknya lagi, sifat eksfoliator dari asam sitrat sangatlah lembut sehingga Anda bisa menggunakannya tanpa khawatir.

3.     Kurangi Produksi Minyak Berlebih

Anda memiliki kulit wajah yang mudah berminyak? Sekarang adalah saatnya untuk Anda menggunakan produk perawatan wajah dengan kandungan asam sitrat.

Citric acid memiliki astringen alami yang dapat mengurangi produksi minyak berlebih sehingga membuat kulit wajah terasa lebih nyaman dan bersih.

Kulit wajah yang bebas dari minyak berlebih pastinya akan mencegah terjadinya jerawat serta pori-pori tersumbat.

4.     Menjaga Keseimbangan pH Kulit

Manfaat lain dari asam sitrat pada produk skincare wajah yaitu mampu menjaga keseimbangan pH atau kadar asam pada kulit.

Menjaga kadar asam kulit atau pH agar tidak terlalu berlebih atau kurang bisa membantu menjaga fungsi skin barrier dengan normal. Sehingga kulit wajah akan terhindar dari berbagai permasalahan. Skin barrier merupakan kunci penting untuk menjaga kulit agar selalu sehat dan indah.

5.     Cegah Penuaan Dini

Penggunaan Citric Acid memang memiliki banyak sekali manfaat, kandungan ini bahkan memiliki fungsi anti – aging yang dapat mencegah penuaan dini.

Hal ini pun telah dibuktikan oleh International Journal of Molecular Sciences yang menyebutkan bahwa citric acid berperan dalam penuaan dan patologi terkait usia.

Asam sitrat bekerja dengan cara memudarkan kerutan dan garis halus pada kulit, serta merangsang produksi kolagen yang beguna untuk membantu memulihkan jaringan sel kulit yang rusak.

Efek Samping Citric Acid

Karena memiliki sifat asam, Citric acid akibatnya memiliki efek samping yang membuat kulit terasa terbakar, kemerahan, dan geli seperti tertusuk kecil. Untuk itu, sebelum mengaplikasikan produk perawatan kulit yang mengandung asam sitrat, tes terlebih dulu produk skincare dengan cara mengoleskannya di pergelangan tangan, dan tunggu hasilnya selama beberapa jam.

Bila selama beberapa jam tersebut timbul rasa gatal, perih, kemerahan, bahkan iritasi, sebaiknya tidak menggunakan produk tersebut.

Pastikan produk skincare yang anda gunakan sudah mengandung citric acid ya, Tizzy. Kalau belum, kamu bisa mencoba Tigris Moisturizing Facial Wash dari Tigris Skincare yang mengandung citric acid.

Produk skincare dari Tigris bisa Anda dapatkan di Shopee, Tokopedia dan Tiktok Shop