CategoriesKulit & Kecantikan

Wajah Berjerawat? Yuk, Kenali Manfaat dari Tea Tree Oil Untuk Kulit

Tea Tree Oil Untuk Jerawat

Tea tree oil merupakan bahan alami yang sudah sering digunakan dalam produk skincare dan rambut. Biasanya minyak ini dipakai mengatasi jerawat dan ketombe. Tetapi ada lebih banyak lagi manfaat tea tree oil yang bisa kamu rasakan.

Apa saja khasiat yang dimiliki tea tree oil? Mari mengenal lebih jauh tea tree oil. Berikut ini uraian tentang tea tree oil, berbagai khasiatnya, serta rekomendasi produk yang sesuai untuk kebutuhan Anda.

Mengenal Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau Tea tree oil merupakan ekstrak minya dari pohon Melaleuca alternifolia. Selain itu, tanaman ini juga sering juga dikenal dengan nama narrow-leaved paperbark.

Melaleuca alternifolia dan pohon teh penghasil daun teh adalah dua tumbuhan yang berbeda. Teh yang biasa dikonsumsi berasal dari tanaman perdu Camellia sinensis. Tea tree berasal dari famili Myrtaceae, sementara teh berasal dari famili Theaceae.

Tea tree adalah tanaman sering ditemukan di Australia. Karena manfaatnya yang melimpah maka tanaman ini sering dijadikan sebagai bahan pengobatan oleh suku Aborigin selama berabad – abad. Biasanya daun Melaleuca alternifolia digerus dan minyaknya diambil untuk mengobati batuk dan masuk angin dengan menghirupnya, minyak ini juga biasa dioleskan pada kulit untuk pengobatan topikal.

Kandungan yang Terdapat Pada Minyak Pohon Teh

Menurut StyleCraze, tea tree oil memiliki kandungan terpinen-4-ol, eucalyptol, cineole, nerolidol, 1,8-cineole, dan viridiflorol. Zat terpinen-4-ol yang ada pada Tea tree oil terbukti bisa membunuh jamur, bakteri, dan beberapa jenis virus lainnya.

Terpinen-4-ol juga dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih dalam melawan bakteri dan ‘benda asing’ lainnya yang menyerang tubuh. Oleh sebab itu, tea tree oil sangat efektif untuk mengatasi infeksi jamur,dan bakteri. Selain itu zat ini juga bisa mempercepat penyembuhan penyakit kulit.

Karena banyaknya manfaat, tea tree oil sering digunakan sebagai bahan dasar untuk produk perawatan kulit yang populer di dunia kecantikan termasuk juga Tigris yang menggunakan sebagai salah satu bahan didala produknya. Tidak hanya bermanfaat untuk menyehatkan kulit, Minyak pohon the ini juga dapat memberikan aroma wangi sehingga dapat lebih mempercantik penampilan kulit.

Manfaat Tea Tree Oil Untuk Kulit Wajah Berjerawat

1. Mengempiskan jerawat tanpa efek samping.

2. Di dalam tea tree oil terdapat kandungan yang sama efektifnya dengan zat benzoil peroksida yang terkandung di dalam obat jerawat. Bedanya, tea tree oil tidak memiliki efek samping yang dapat menyebabkan masala pada kulit seperti kemerahan, kulit kering, atau bahkan mengelupas.

3. Membuka kelenjar minyak yang tersumbat.

4. Salah satu penyebab jerawat adalah kelenjar minyak yang tersumbat. Memakai tea tree oil dengan teratur juga bisa membuka pori – pori wajah yang tersumbat sehingga tidak akan menjadi jerawat.

5. Membersihkan minyak berlebih di wajah berjerawat.

6. Ketika memakainya pada kulit wajah, terutama pada kulit wajah yang berjerawat, tea tree oil akan ‘menyapu’ bersih minyak berlebih yang ada.

7. Menenangkan pori-pori penyebab jerawat.

8. Tea tree oil mengandung antibakteri atau disinfektan yang dapat membersihkan dan menenangkan pori-pori yang menyebabkan jerawat.

9. Mengeringkan komedo & noda hitam akibat jerawat.

10. Manfaat tea tree oil ini berguna untuk komedo atau jerawat-jerawat yang ada di area hidung. Jika memakainya secara teratur maka tea tree oil sekaligus bisa menghilangkan noda-noda bekas jerawat.

Pastikan produk skincare yang kamu gunakan sudah mengandung tea tree oil ya, Tizzy. Kalau belum, kamu bisa mencoba Tigris Acne Serum and Pore Minimizer dari Tigris Skincare yang mengandung tea tree oil.

Produk skincare dari Tigris bisa kalian dapatkan di Shopee, Tokopedia dan Tiktok Shop