CategoriesKulit & Kecantikan

Rekomendasi Basic Skincare Routine Untuk Kulit Wajah Berjerawat

Kulit Wajah Berjerawat

Memiliki wajah berjerawat atau acne prone memang bukanlah sesuatu yang menyenangkan. Anda harus benar – benar memilih basic skincare routine untuk kulit acne prone, karena jika anda salah pilih produk skincare maka bisa saja jerawat di kulit wajah semakin parah.

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah jangan membeli produk skincare yang tidak memiliki label Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Merawat kulit berjerawat tidak hanya tentang menggunakan skincare namun juga banyak pengaruh dari perbahan gaya hidup yang lebih sehat.

Kandungan Skincare yang aman untuk Wajah Berjerawat

Kandungan yang ada didalam skincare sangat berpengaruh kepada kulit wajah, misalnya saja ada kandungan yang bekerja untuk mengurangi minyak berlebih, mempercepat regenerasi sel kulit mati, dan ada juga yang berguna untuk membunuh bakteri penyebab berjerawat.

Untuk itu banyaknya pilihan yang beredar di pasaran, penting untuk anda mengetahui kandungan serta bahan apa saja yang ada produk skincare untuk anda gunakan. Berikut adalah kandungan skincare yang aman untuk wajah berjerawat:

1.     Salicylic Acid

Salicylic Acid merupakan kandungan bahan aktif yang sering digunakan oleh produk skincare untuk mengatasi kulit berminyak dan berjerawat. Bahan ini berfungsi untuk mengeksfoliasi sel kulit mati. Tentu saja Salicylic Acid juga mengobati jerawat serta menghilangkan kotoran dan minyak berlebih.

2.     Ekstrak Aloevera atau Lidah Buaya

Aloevera atau lidah buaya merupakan bahan alami yang digunakan dalam produk skincare Tigris untuk menghilangkan jerawat, sebab kandungan ini memiliki sifat antimikroba dan antiinflamasi yang sangat berguna untuk menghilangkan jerawat dan mengurangi radang pada kulit akibat jerawat.

3.     Tea Tree Oil

Tea Tree Oil adalah minyak esensial yang sangat terkenal untuk mengobati kulit berjerawat. Sama seperti ekstrak aloevera, Tea Tree Oil juga memiliki kandungan yang bersifat antimikroba dan antiinflamasi.

Basic Skincare Untuk Kulit Berjerawat

Saat ini sudah banyak jenis skincare yang beredar yang untuk mengatasi jenis kulit berjerawat. Untuk anda yang memiliki acne prone bisa mengikuti basic skincare untuk kulit berjerawat di bawah ini:

1.     Cleansing

Basic Skincare routine untuk acne prone yang pertama adalah cleansing, jenis kulit berjerawat sebisa munkin anda menggunakan cleanser yang berbahan no fragrance, dan based water. Selain itu, saat membersihkan muka lakukan pelan – pelan saja saat menggosok kulit wajah dan keringkan dengan cara tepuk – tepuk tipis dengan handuk.

2.     Toner

Anda dapat merasakan hasil lebih maksimal dengan menggunakan toner pada urutan basic skincare untuk kulit berjerawat.  Fungsi toner adalah sebagai penyeimbang pH wajah serta melembapkan, seperti yang dijelaskan di atas pilihlah toner yang memiliki bahan dan kandungan salicylic acid didalamnya.

Anda dapat membeli Toner Tigris yang memiliki kandungan salicylic acid dan ekstrak aloevera yang membantu untuk meredakan peradangan jerawat dan mencegah penuaan dini.

3.     Moisturizer

Penggunaan Moisturizer secara rutin dan tepat tentunya akan membuat kulit wajah terhindar dari dehidrasi. Moisturizer berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit sehingga kulit tidak menjadi terlalu kering atau terlalu berminyak. Sama seperti cleansing gunakan moisturizer yang berbahan water based.

4.     Sunscreen

Sunscreen merupakan bagian paling penting untuk anda gunakan dalam rangkaian skincare routine anda. Penggunaan sunscreen sangat wajib dilakukan sebelum memulai aktivitas harian, sebab anda perlu melindungi kulit dari sinar UV matahari yang memberikan dampak buruk untuk kesehatan kulit wajah.

Oleh karena itu, sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dan carilah sunscreen dengan minimal SPF 30 untuk memberikan perlindungan lebih maksimal.

5.     Exfoliator

Menggunakan Exfoliator merupakan tahap akhir dalam basic skincare untuk kulit berjerawat. Exfoliator berguna untuk menghilangkan sel – sel kulit mati yang nantinya bias menyumbat pori – pori pada kulit wajah.

Eksfoliasi biasanya dilakukan hanya 2 kali dalam satu minggu, jangan melakukan eksfoliasi berlebihan sebab nantinya malah akan membuat kulit mengalami iritasi. Gunakan exfoliator dengan kandungan AHA/BHA serta utamakan untuk melihat kandungan yang tertera terlebih dahulu.

Itulah penjelasan tentang rekomendasi jenis basic skincare routine untuk kulit wajah berjerawat. Selain penggunaan skincare untuk meredakan jerawat, tidak kalah pentingnya untuk memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa gaya hidup juga memiliki andil besar bagi timbulnya jerawat di kulit wajah.