CategoriesKulit & Kecantikan

Manfaat dan Fungsi Toner Sangat Penting untuk Kesehatan Wajah

Manfaat dan Fungsi Toner Wajah

Toner merupakan salah satu produk rangkaian skincare routine yang sering dipakai setelah facial wash. Penggunaan toner juga penting untuk kulit wajah sama seperti rangkaian skincare routine lainnya. Produk skincare satu ini berfungsi untuk mengangkat sisa kotoran pada wajah dan mengembalikan pH kulit.

Ada beberapa tipe toner yang sering digunakan untuk berbagai macam tipe jenis kulit, diantaranya adalah exfoliating toner, hydrating toner, dan clarifying toner. Setiap jenis toner memiliki fungsi dan manfaatnya masing masing. Untuk lebih jelasnya, berikut ini alasan kenapa toner sangat penting untuk kesehatan wajah.

Manfaat dan Fungsi Toner Untuk Kulit Wajah

1.     Membersihkan Sisa Kotoran Wajah

Fungsi toner yang pertama sama seperti yang telah dijelaskan diawal tadi yaitu membersihkan sisa kotoran wajah yang tidak terangkat bersih oleh facial wash.

2.     Mengatasi Jerawat

Toner juga bisa mengatasi jerawat apabila saat penggunaannya dibarengi dengan produk skincare untuk mengatasi jerawat. Jerawat yang masih tergolong ringan masih bisa tangani dengan memakai toner yang berbagan asam salisilat atau benzoil peroksida.

3.     Menghilangkan Bekas Jerawat

Asam gilikolat yang menjadi kandungan toner berfungsi untuk mengurangi noda hitam bekas jerawat, tetapi sayangnya untuk bekas jerawat berat yang bahkan sampai menyebabkan berlubang, memakai rangkaian skincare routine saja tidak cukup. Maka dari itu, untuk jerawat berat dan berlubang memerlukan penanganan khusus dari dokter kulit.

4.     Mengurangi Minyak Berlebih Pada Kulit

Minyak pada kulit yang berlebih dapat membuat wajah terlihat kusam. Fungsi lain dari penggunaan toner ialah untuk mengurangi minyak berlebih di wajah. Kandungan Astrigent pada toner berfungsi  mengurangi minyak berlebih dan sebum pada permukaan kulit wajah. Oleh sebab itu, penggunaan Toner Tigris dapat membuat make up menjadi lebih awet.

5.     Melembabkan Kulit Wajah

Beberapa Kandungan yang berada di facial wash dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kembali kelembapan kulit. pakai toner secara merata setelah membersihkan wajah.

6.     Menyeimbangkan pH Kulit

pH kulit atau tingkat keasaman kulit bisa berubah karena pengarung minyak berlebih, polusi, make up atau produk kecantikan yang terdapat alkohol didalamnya. Ada beberapa jenis toner yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit agar terus alami, yaitu sekitar 5-5.5 tingkat keasaman kulit atau pH.

Cara Memakai Toner Dengan Benar

Setelah mengetahui manfaat dan fungsinya, tentu saja anda harus menggunakan toner dengan benar sehingga manfaat yang diberikan menjadi lebih optimal pada kulit wajah. Berikut adalah cara memakai toner dengan benar.

1.     Bersihkan Wajah Lebih Dulu

Pemakaian toner yang benar adalah setelah membersihkan wajah dengan facial wash. Pertama bersihkan wajah menggunakan micellar water hingga bersih, lalu cuci muka dengan face wash dan bilas.

2.     Usapkan dengan Kapas

Selanjutnya aplikasikan toner wajah dengan kapas. Urutan skincare satu ini memiliki tekstur cair mirip dengan air, sehingga cara penggunaannya lebih baik mengusap kulit wajah dengan kapas agar dapat menjangkau hingga pori – pori.

3.     Lanjut dengan Moisturizer

Tahap setelahnya dari penggunaan rangkaian basic skincare umumnya setelah toner ialah menggunakan Moisturizer atau pelembab. Karena pelembab berguna untuk memaksimalkan fungsi toner itu sendiri sehingga menjadi lebih optimal.

Untuk itu Toner dan moisturizer adalah rangkaian basic skincare wajib yang harus digunakan setiap orang untuk merawat kulit. keduanya sangat bagus untuk mendapatkan kesehatan kulit serta memberikan skin barrier, melembabkan, dan mencegah penuaan dini.