CategoriesKulit & Kecantikan

Manfaat Niacinamide untuk Perawatan Wajah

Manfaat Niacinamade

Niacinamide merupakan kandungan umum digunakan sebagai bahan dasar produk skincare. Maka tidak heran jika produk skincare yang mengandung niacinamide cukup banyak dicari, sebab dipercaya manfaat niacinamide dapat mengatasi berbagai masalah kulit, seperti kulit berjerawat, pori-pori besar, serta garis halus dan kerutan di wajah.

Selain mudah didapatkan melalui produk perawatan wajah, kandungan niacinamide juga dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan, seperti sayuran hijau, susu, telur, ikan, daging, dan kacang-kacangan.

Mari ketahui lebih lanjut mengenai manfaat niacinamide untuk perawatan kulit wajah di sini.

Apa itu Niacinamide?

Niacinamide adalah zat turunan dari niacin (vitamin B3). Meski memiliki nama yang mirip, niacinamide dan niacin memiliki fungsi da struktur berbeda. Pada dasarnya, niacinamide diproduksi saat tubuh kelebihan asupan vitamin B3 atau asam amino triptofan.

Dalam dunia dermatologi, niacinamide adalah zat yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi kulit berjerawat dan bercak atau noda bekas jerawat, dan membantu mengendalikan peradangan kulit akibat eksim dan acne rosacea. Kandungan zat ini berguna untuk menghambat pelepasan zat kimia yang memicu peradangan pada kulit.

Selain itu, niacinamide juga bermanfaat untuk mencerahkan kulit. Manfaat yang diberikan oleh niacinamide ini mampu memperlambat proses perpindahan butiran pigmen (zat pemberi warna) ke dalam sel kulit, hingga akhirnya kulit terlihat tampak cerah.

Manfaat Niacinamide untuk Wajah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, niacinamide adalah zat yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan kulit, terutama wajah. Berikut adalah penjelasannya.

1.      Melembapkan Kulit Wajah

Manfaat niacinamide tidak hanya untuk membantu mencerahkan kulit tetapi juga bisa membantu menjaga kelembapan kulit. Niacinamide diketahui dapat membantu membangun ceramide (lapisan penghambat lemak) sehingga bisa menjaga kulit tetap lembap.

Manfaat niacinamide untuk melembapkan wajah bisa dirasakan oleh semua jenis kulit wajah, mulai dari kulit wajah kering sampai dengan kulit wajah yang sensitif. Tidak hanya itu niacinamide bisa membantu membangun keratin (sejenis protein) dan mengunci kelembapannya, sehingga kulit terhindar dari kerusakan akibat polusi, debu, dan sinar UV matahari.

2.      Mengobati Jerawat

Niacinamide merupakan bahan skincare yang sangat cocok digunakan oleh orang dengan kulit berjerawat, termasuk jerawat meradang dan parah, seperti jerawat pustula. Diketahui niacinamide dapat membantu meningkatkan skin barrier. Sehingga tidak hanya mengunci kelembapan, tetapi juga dapat mencegah timbulnya iritasi akibat bakteri penyebab munculnya jerawat.

3.      Mengatasi Bekas Jerawat

Niacinamide tidak hanya dapat mengobati jerawat, bahkan dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Manfaat ini bisa anda dapatkan dengan menggunakan produk skincare dari Tigris yang memiliki kandungan niacinamide sebesar 5%.

Perlu anda ketahui jika niacinamide juga dapat memproduksi kolagen pada kulit. Peningkatan kadar kolagen bisa menyamarkan serta memudarkan noda hitam bekas jerawat secara perlahan.

Untuk bisa merasakan manfaat ini secara optimal, maka anda bisa gunakan produk perawatan wajah dari Tigris Skincare dengan kandungan niacinamide dan ekstrak Aloevera, seperti serum atau pelembap secara rutin. Anda dapat merasalam hasilnya setelah 4–8 minggu pemakaian.

4.      Mengontrol Produksi Minyak

Kegunaan niacinamide selanjutnya ialah membantu mengontrol kulit wajah berminyak. Niacinamide merupakan zat yang mampu mengontrol produksi minyak berlebih oleh kelenjar minyak (kelenjar sebasea). Karena manfaat ini pula, niacinamide dapat mencegah timbulnya jerawat yang disebabkan oleh minyak berlebih.

5.      Mengecilkan Pori-Pori Kulit

Pori-pori kulit yang membesar sering membuat kita tidak percaya diri. Apabila anda memiliki masalah tersebut, maka niacinamide merupakan solusi yang dapat anda gunakan untuk mengecilkan serta membantu menyamarkan pori-pori kulit sehingga kulit wajah jadi tampak lebih bersih dan halus. Hal ini dikarenakan niacinamide dapat menjaga keseimbangan produksi minyak, sehingga dapat mencegah penyumbatan kotoran dan menghaluskan kulit.

6.      Melawan Radikal Bebas dan Stres Oksidatif

Niacinamide adalah zat yang memiliki kemampuan dalam melindungi kulit dari dampak buruk radikal bebas, sinar ultraviolet, dan polusi udara. Selain itu, niacinamide juga memiliki antioksidan yang berguna untuk memperbaiki kerusakan sel kulit akibat stres oksidatif.

7.      Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Manfaat niacinamide untuk kulit wajah berikutnya yakni menunda penuaan dini, seperti munculnya kerutan dan garis halus akibat paparan sinar matahari dan polusi udara. Berkat manfaat ini, niacinamide sering digunakan pada produk anti-aging.

8.      Melindungi dari Kanker Kulit

Penggunaan niacinamide dalam produk skincare baik itu dioles ataupun diminum sebagai suplemen. Banyak orang percaya jika niacinamide mampu mencegah kanker kulit atau tanda – tanda prakanker yang ada di kulit. tetapi, manfaat niacinamide untuk pencegahan kanker kulit masih harus diteliti lebih lanjut.

Kadar Niacinamide yang Aman untuk Kulit Wajah

Kadar niacinamide dalam berbagai produk kecantikan cukup beragam, mulai dari 0,5%, 2%, 10%, hingga 12%. lalu, berapa kadar niacinamide yang aman untuk wajah? sebenarnya,penggunaan niacinamide bisa disesuaikan dengan jenis wajah setiap orang.

Namun, semakin tinggi kadar niacinamide, maka semakin tinggi pula risiko iritasinya. Jadi, apabila Anda baru pertama kali menggunakan suatu produk perawatan kulit wajah, maka sebaiknya pilihlah produk dengan kadar niacinamide yang rendah, misalnya sebesar 0,5% atau 2%.

Perlu diketahui bahwa kandungan niacinamide sebesar 2–5% sudah mampu mengatasi permasalahan kulit, seperti noda hitam bekas jerawat. Jika memiliki kulit sensitif, maka sebaiknya pilihlah produk dengan konsentrasi niacinamide sebesar 2%.

Cara Pemakaian Niacinamide

Jika ingin menggunakan niacinamide untuk merawat kesehatan kulit wajah, Anda bisa memakai berbagai produk perawatan kulit dari Tigris Skincare yang mengandung niacinamide, baik itu facial wash, toner, serum, essence, atau krim pelembap. Anda bisa mendapatkan dengan mengunjungi toko kami atau membelinya di Shopee, Tokopedia, dan Tiktok Shop.