CategoriesKulit & Kecantikan

Jenis – Jenis Jerawat Yang Harus diketahui dan Cara Mengatasinya

jenis jenis jerawat

Kulit berjerawat adalah masalah yang sudah sering dialami oleh banyak orang. Selain membuat kita tidak percaya diri dan mengganggu penampilan tidak jarang jerawat yang meradang menimbulkan rasa sakit. Perlu anda ketahui ada banyak jenis jerawat, dari jerwat batu, komedo hitam, putih, dan lain sebagainya.

Setiap jenis jerawat membutuhkan cara perawatan serta pengobatan yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk anda mengenal tipe jerawat dan cara mengatasinya.

Jenis – Jenis Jerawat

Pada umumnya jenis jerawat terbagi menjadi dua tipe, yaitu tipe jerawat non – inflamasi (non – inflammatory acne) dan jerawat inflamasi (inflammatory acne). Untuk mengenal lebih dalam lagi apa perbedaan antar kedua jenis jerawat, sebaiknya anda perhatikan penjelasan berikut.

·      Jenis Jerawat Non – Inflamasi

Jerawat Non – Inflamasi merupakan jerawat yang tidak menimbulkan pembengkakan. Jenis jerawat ini sering kali juga disebut sebagai komedo, yang mana jerawat tipe ini terbagi lagi menjadi dua jenis yaitu komedo hitam (Blackheads) dan komedo putih (whiteheads). Keduanya masih bisa diatasi dengan menggunakan skincare yang mengandung Salisclic acid atau retinoid. Anda juga bisa menggunakan skincare dari Tigris memiliki kandungan tersebut dan ekstrak aloevera yang mampu meredakan jerawat.

Klik disini untuk anda bisa membelinya.

1.      Komedo Hitam (Blackheads)

Komedo hitam merupakan jenis jerawat yang disebabkan oleh sel kulit mati dan produksi minyak berlebih serta bakteri yang menyumbat pori – pori. Warna hitam yang terlihat tersebut terjadi karena pigmen kulit yang meningkat dan tidak dapat dibersihkan, bukan karena debu dan kotoran.

2.      Komedo Putih (Whiteheads)

Sama seperti Blackheads, komedo putih juga disebabkan oleh sel kulit mati, produksi minyak berlebih. Tetapi bedanya whiteheads adalah pori – pori kulit yang tersumbat seluruhnya sehingga menimbulkan benjolan kecil bewarna putih atau bewarna daging.

·       Jenis Jerawat Inflamasi

Jerawat yang bisa dikategorikan jerawat inflamasi adalah jerawat yang bisa membuat radang pada kulit di sekitar pori – pori yang tersumbat. Ini terjadi karena bakteri yang ada pada kulit wajah sehingga semakin memperburuk komedo yang belum muncul.

1.      Papula

Papula merupakan tipe jerawat yang meradang dan memiliki warna merah muda seperti daging. Jerawat papula terjadi akibat komedo yang didiamkan hingga akhirnya terjadi peradangan dan menyebabkan iritasi pada sel kulit. Papula biasanaya berbentuk lebih besar dari komedo daerah disekitar jerawat mengeras dan bagian tengah benjolan terasa lembut saat disentuh.

2.      Pustula

Pustula hampir mirip dengan papula, tetapi terdapat perbedaan yang cukup terlihat yaitu benjolan pada pustula berisi nanah diatasnya. Ujung dari jerawat tipe pustula biasanya bewarna putih atau kekuningan akibat dari nanah tersebut.

3.      Nodul

Nodul adalah jerawat yang terjadi akibat iritasi berlanjut dan semakin parah. Jerawat tipe Nodul biasanya terletak lebih dalam dibandingkan dengan pustula dan papula. Untuk mengatasi jenis jerawat ini biasanya memerlukan penanganan khusus dari dokter kulit.

4.      Jerawat Batu

Mungkin jerawat batu merupakan jenis jerawat yang paling sering kita dengar. Masalah kulit satu ini disebabkan oleh bakteri, penumpukan minyak, dan selkulit mati yang jauh terletak di bawah lapisan luar kulit sehingga menyebabkan peradangan. Penanganan yang terlambat dapat membuat jerawat baru sehingga lebih baik segera dilakukan perawatan kulit. Bekas dari jerawat batu juga seringkali sulit dihilangkan.

Cara Mengatasi Kulit Berjerawat

Cara mengatasi yang dilakukan pada jerawat tergantung dengan tipe dan tingkat keparahan jerawat itu sendiri. Semakin ringan jerawat yang dialami maka mengatasinya juga semakin mudah. Misalnya saja jenis jerawat non – inflamasi yang merupakan tipe masalah kulit paling ringan dan mudah untuk diatasi.

Anda hanya perlu menggunakan rangkaian skincare seperti toner atau serum yang mengandung salicylic acid, retinoid, atau ekstrak aloevera. Anda juga bisa mencoba produk skincare dari Tigris yang mengandung bahan – bahan untuk mengatasi jerawat.

Sedangkan untuk tipe jerawat inflamasi yang mengalami peradangan seperti papula dan pustula, anda memerlukan perawatan lebih. Sering kali dokter kulit akan meresepkan obat – obat yang mampu untuk mengatasi jerawat anda. Anda juga bisa menggunakan krim jerawat yang bisa anda temukan di apotek  atau atau toko kecantikan.Selain itu, anda juga harus rajin membersihkan wajah dua kali sehari dengan facial wash khusus jerawat.

Jerawat terparah adalah Nodul dan Jerawat Batu. Untuk dapat mengatasi jenis masalah kulit ini anda membutuhkan bantuan dokter kulit supaya tidak menimbulkan bekas luka yang dapat hilang dalam waktu sangat lama.