CategoriesTips & Tricks

Catat! Ini 7 Cara Ampuh Menghilangkan Kerutan di Wajah

kerutan di wajah

Kerutan di wajah merupakan masalah kulit yang membuat kamu menjadi tidak percaya diri. Namun, kamu tidak perlu khawatir sebab ada banyak cara ampuh menghilangkan kerutan di wajah dengan mudah. Baik itu secara alami atau prosedur khusus untuk perawatan kulit.

Sebenernya apa itu kerutan pada wajah? Kerutan adalah suatu kondisi kulit yang mulai mengalami penuaan secara kompleks sehingga terdapat lipatan-lipatan atau kerutan pada permukaan kulit.

Kerutan yang mulai muncul pada permukaan kulit tentunya memerlukan penanganan tersendiri. Lantas, bagaimana cara ampuh menghilangkan kerutan di wajah? Simak penjelasannya!

Penyebab Munculnya Kerutan di Wajah

Kerutan atau keriput merupakan bagian dari proses penuaan setiap orang. Usia yang bertambah membuat kulit secara alami kehilangan kelembapan dan elastisitasnya. Selain itu, ada beberapa penyebab munculnya kerutan yaitu antara lain:

  • Kurang tidur
  • Merokok
  • Stres
  • Faktor Genetik
  • Penggunaan Kosmetik Berlebih
  • Paparan Polusi dan Sinar UV

7 Cara Ampuh Menghilangkan Kerutan di Wajah

1. Menggunakan Skincare dengan Kandungan Antiaging

Cara yang pertama untuk menghilangkan lipatan pada kulit akibat penuaan adalah dengan menggunakan produk skincare yang tepat. Kamu bisa memilih produk skincare dengan kandungan vitamin C, retinoid, dan glycolic acid.

menggunakan skincare dengan kandungan ini secara ampuh dapat menghilangkan garis halus ataupun kerutan pada wajah dengan memperbaiki pigmen kulit, tekstur, dan tingkat dehidrasi kulit.

Kandungan antiaging dapat meresap jauh kedalam lapisan kulit wajah untuk mengaktifkan kolagen dan elastin sehingga membuat kulit yang mengendur jadi lebih baik.

2. Batasi Mengkonsumsi Gula

Makanan dan minuman manis tentunya menjadi favorit untuk banyak orang. Tidak hanya enak, makanan dan minuman dengan kadar gula berlebih bisa membantu meningkatkan energi dan suasana hati.

Mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat berakhibat buruk untuk kesehatan. Selain itu, gula juga diketahui bisa merusak kolagen pada tubuh yang membuat kulit menjadi tampak lebih kusam dan keriput.

3. Gunakan Sunscreen

Cara menghilangkan kerutan di wajah berikutnya adalah rutin menggunakan sunscreen, tidak hanya mencegah kulit rusak dari paparan sinar UV matahari sehingga membuat elastisitas kulit menurun.

Kebiasaan menggunakan sunscreen dapat berguna untuk jangka panjang. Kamu disarankan menggunakan sunscreen setidaknya dengan SPF 30 setiap hari. Selain itu, kamu juga harus reapply sunscreen setiap 2 jam sekali walau tidak beraktivitas dibawah sinar matahari.

Baca Juga: Rekomendasi Basic Skincare Routine Untuk Kulit Wajah Berjerawat

4. Lakukan Pijat Wajah

Melakukan pijatan pada wajah juga salah satu cara menghilangkan kerutan secara tradisional. Memijat wajah dapat memacu relaksasi otot dan melancarkan aliran di seluruh kulit wajah. Akibatnya, tampilan garis halus dan kerutan jadi memudar.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk lakukan pijatan wajah untuk menyamarkan kerutan:

  • Oleskan essensial oil ke wajah kamu
  • Gunakan jari telunjuk dan tengah kamu untuk memijit area alis
  • Setelah itu kamu menekan dahi dengan ibu jari sekitar 10 – 15 detik
  • Terakhir gunakan ibu jari dan telunjuk anda untuk mencubit lembut di sepanjang garis rahang, dari dagu hingga bagian bawah telinga.

5. Perbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Hal berikutnya yang harus kamu lakukan untuk mencegah munculnya kerutan pada wajah adalah dengan perbanyak konsumsi makanan sehat. Contohnya, makanan yang mengandung Vitamin C, omega-3, dan beta karoten tinggi.

Makanan yang mengandung omega-3 membantu untuk melindungi kulit dan mengunci kelembapan kulit hingga akhirnya kulit menjadi lebih halus dan bebas kerutan. Sementara beta karoten mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari.

Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi vitamin C yang berguna untuk melawan kerutan di wajah dari sayuran dan buah-buahan seperti stroberi, jeruk, brokoli, dan masih banyak lagi. Jangan lupa untuk mengkonsumsi tomat dan anggur yang kaya dengan antioksidan.

6. Perbanyak Minum Air Putih

Saat tubuh dehidrasi kulit menjadi kering sehingga memicu munculnya keriput atau kerutan pada wajah. Untuk mencegah hal tersebut kamu perlu minum air putih yang cukup sekitar 2 liter atau 8 gelas setiap harinya.

Hal ini berguna untuk menjaga kelembapan alami kulit. Kamu juga perlu membatasi minuman yang mengandung kafein dan alkohol sebab kedua minuman tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih cepat kering jika dikonsumsi secara berlebihan.

7. Perawatan Masker Wajah Dengan Bahan Alami

Selain mengandalkan produk skincare dan mengkonsumsi makanan sehat, kamu bisa melakukan perawatan wajah dengan bahan alami. Ada beberapa bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai masker wajah seperti yogurt, pisang, beras, madu, putih telur, dan lidah buaya.

Misalnya, masker putih telur bermanfaat untuk melindungi kulit dari radikal bebas sehingga mengurangi kerutan pada wajah. Di sisi lain, lidah buaya diketahui memiliki banyak nutrisi yang mampu mencegah penuaan dini. Jadi, kamu bisa mengolah lidah buaya menjadi masker.

Itulah beberapa cara yang dapat kamu pilih untuk menghilangkan kerutan dan garis halus wajah pada kulit. tertarik untuk mencobanya?