CategoriesTips & Tricks

6 Manfaat Toner Wajah yang Perlu Kamu Ketahui!

Manfaat toner wajah

Ada banyak manfaat toner wajah, salah satunya untuk melembapkan kulit wajah, dan mengurangi menyak berlebih pada kulit. Toner merupakan salah satu produk skincare yang tidak boleh terlewatkan dalam rangkaian perawatan kulit harian.

Toner pada umumnya mengandung bahan aktif seperti gliserin, niacinamide, dan antioksidan. Berdasarkan kandungan yang ada dalamnya memiliki banyak manfaat yang perlu kamu ketahui! Artikel ini akan membahas tentang manfaat toner untuk kulit wajah khusus untuk kamu!

Manfaat Toner Untuk Kulit Wajah

Seperti yang sudah kita ketahui toner memiliki banyak manfaat yang berguna untuk kesehatan kulit wajah tergantung pada kandungan dan komposisinya. berikut adalah beberapa manfaat toner untuk wajah antara lain:

1. Mengangkat Sisa Kotoran Wajah

Fungsi toner dapat membersihkan sisa kotoran, minyak, hingga make-up yang tidak sempat terangkat saat kamu menggunakan face wash atau sabun pembersih wajah.

2. Melembapkan Kulit Wajah

Beberapa kandungan dalam sabun pembersih wajah bisa membuat kulit kering. Manfaat toner muka dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit dengan mengoleskannya secara merata ke permukaan kulit wajah.

Kandungan toner seperti asam amino, mineral oil, dan hyaluronic acid memang berfungsi untuk melembapkan kulit wajah. Oleh karenanya penggunaan toner sangat penting untuk menjaga kesehatan semua jenis kulit, terutama kulit kering.

3. Mengatasi Jerawat

Fungsi toner juga bisa mengatasi jerawat jika pemakaiannya bersamaan dengan produk untuk mengobati jerawat. Kondisi jerawat ringan dapat diredakan dengan menggunakan produk ini yang memiliki kandungan asam salsiliat dan benzoil peroksida.

Kandungan-kandungan tersebut dapat membersihkan pori-pori serta mencegah munculnya jerawat dan komedo.

4. Mengecilkan dan Mengencangkan Pori-pori

Pori-pori wajah yang membesar memudahkan kotoran, minyak, bahkan racun untuk masuk kedalam kulit sehingga menyebabkan iritasi dan infeksi. Oleh karenanya, penggunaan toner secara rutin dapat membantu mengencangkan pori-pori wajah kamu sehingga mencegah masalah kulit tersebut.

Tigris Toner Nourish Skin yang mengandung 5% niacinamide mampu mengatasi hiperpegmentasi, mengecilkan pori-pori, dan melindungi kulit dari radikal bebas. Hal ini dapat membuat wajah menjadi lebih segar dan bersih, minyak berkurang, serta mencegah jerawat.

5. Detoksifikasi Kulit Wajah

Jika Tizzy sering melakukan aktivitas di luar rumah, tentunya wajah akan sering terpapas polusi udara. Hal ini sangat mempengaruhi kesehatan kulit wajah. Polusi udara mungkin tidak hanya mengandung kotoran saja tapi juga racun bahan kimia dari asap kendaraan dan industri.

Nah, manfaat toner wajah lainnya adalah untuk detoksifikasi atau menghilangkan racun-racun tersebut dan sisa zat lainnya dari kulit kamu. Oleh karena itu, penggunaan produk berbahan cair ini pasti akan memaksimalkan kerja rangkaian skincare lainnya.

6. Menyeimbangkan pH Pada Wajah

Manfaat toner wajah yang terakhir yaitu membantu menyeimbangkan pH atau biasa disebut juga tingkat keasaman kulit. Normalnya nilai pH kulit manusia berkisar 4,7 – 5,75. Artinya, apabila kulit wajah memiliki nilai pH yang tidak sesuai maka wajah rentan mengalami masalah kulit seperti minyak berlebih, wajah kusam, dan munculnya jerawat.

Mengaplikasikan toner ke wajah bermanfaat untuk menjaga pH pada kulit wajah sesusai dengan pH alami dari kulit wajah tersebut.

Cara Menggunakan Toner yang Benar

Menggunakan toner wajah tidak hanya tentang memakainya saja, namun juga harus baik dan benar dalam penggunaannya pada wajah. Nah, mari simak cara menggunakan toner yang benar!

1. Bersihkan Wajah Lebih Dulu

Agar mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan rangkaian atau urutan skincare pagi, bersihkan wajah lebih dulu dengan micellar water hingga bersih. Setelah itu, kamu bisa mencuci muka dengan facial wash dan bilas.

2. Aplikasikan Toner ke Wajah Menggunakan Kapas

Pastikan wajah kamu sudah bersih, setelah itu kamu bisa lanjut mengaplikasikan toner pada wajah. cara pengaplikasiannya juga cukup mudah, kamu dapat menggunakan kapas atau telapak tangan. Apabila kamu menggunakan kapas, usapkan perlahan ke seluruh wajah. Jangan menggosok wajah dengan kapas karena dapat menyebabkan wajah iritasi akibat gesekan yang berlebih.

Nah, jika kamu mengaplikasikan toner dengan telapak tangan, tepuk wajah perlahan agar kandungannya dapat menyerap secara sempurna.

3. Gunakan Pelembap

Jika Tizzy menerapkan rangkaian basic skincare routine, kamu dapat melanjutkan ke tahapan berikutnya yaitu menggunakan pelembap atau moisturizer. Pelembap berfungsi untuk memaksimalkan penggunaan toner itu sendiri.

Perpaduan antara toner dan moisturizer dapat meningkatkan skin barrier, melembapkan kulit, hingga mencegah penuaan dini seperti garis halus dan kerutan pada wajah.