CategoriesTips & Tricks

10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Dijamin Ampuh!

10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Dijamin Ampuh

Jerawat merupakan penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea yang di tandai dengan adanya komedo, papul, pustula, dan kistal. Selain di wajah, jerawat juga bisa tumbuh atau timbul di bagian tubuh yang lain seperti bahu, lengan atas punggung, dan dada. Namun, tau ga sih jika ada cara menghilangkan jerawat secara alami?

Saat muncul di wajah, jerawat seringkali bukan hanya bisa menimbulkan rasa sakit atau tidak nyaman namun juga bisa menciutkan rasa percaya diri. Jika penanganannya salah, maka jerawat bisa membuat wajah menjadi kusam dan bahkan di warnai noda hitam, termasuk bopeng – bopeng.

Perawatan jerawat secara konvensional bisa di lakukan, namun terkadang mahal dan seringkali mempunyai efek samping yang tak di inginkan, seperti kulit kering, kemerahan, dan iritasi. Hal ini membuat banyak orang mencari berbagai cara untuk menghilangkan jerawat secara alami dan cepat.

Nah, jika kalian salah satunya, di bawah ini Tigris akan berikan beberapa bahan alami penghilang jerawat untuk Tizzy!.

1. Oleskan Witch Hazel

Oleskan Witch Hazel untuk membantu menghilangkan jerawat
Photo by Sora Shimazaki on Pexels.com

Witch Hazel merupakan tanaman yang mempunyai nama latin Hamamelis Virginiana. Bahan ini memiliki kandungan tanin yang punya sifat antibakteri serta anti inflamasi yang kuat. Karena itulah witch hazel bisa di gunakan untuk mengobati berbagai masalah kulit, termasuk ketombe, eksim, varises, luka bakar, gigitan serangga, memar, hingga jerawat.

Namun sayang, tak ada penelitian mengenai kemampuan witch hazel untuk mengobati jerawat secara khusus. Namun, ada beberapa penelitian yang mengungkap bahwa penggunaan witch hazel pada kulit bisa melawan bakteri, mengurangi peradangan, hingga membantu penyembuhan. Cara menggunakannya adalah:

  • Campurkan 1 sendok makan kulit witch hazel dengan 1 gelas air dalam wadah kecil
  • Rendam witch hazel selama 30 menit lalu didihkan selama 10 menit
  • Diamkan air rebusan witch hazel selama 10 menit
  • Saring dan simpan cairan dalam wadah tertutup
  • Oleskan untuk membersihkan kulit menggunakan bola kapas 1 – 2 kali per hari atau sesuai kebutuhan

Bahan ini sudah seringkali di temukan pada produk kecantikkan. Namun, witch hazel yang sudah di produksi mungkin tak mengandung tanin karena sering hilang dalam proses distilasi.

2. Oleskan Cuka Apel

Oleskan Cuka Apel untuk membantu menghilangkan jerawat

Cuka apel di buat dengan cara melumatkan apel serta memeras cairannya. Setelah cairan apel di dapatkan, nantinya akan di masukkan bakteri serta ragi untuk memulai proses fermentasi alkohol. Sama seperti jenis cuka lainnya, cuka apel juga sudah di kenal karena kemampuannya dalam melawan banyak jenis virus serta bakteri.

Bahan ini juga memiliki kandungan beberapa asam organik yang sudah terbukti bisa membunuh bakteri Propionibacterium acnes penyebab jerawat. Asam suksinat dalam cuka apel terbukti bisa menekan peradangan yang di sebabkan oleh P. Acnes serta bisa mencegah munculnya jaringan parut.

Selain itu, asam laktat juga sudah terbukti bisa menjadi salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami. Apalagi, cuka apel bisa membantu menekan produksi minyak berlebih yang menyebabkan jerawat. Cara menghilangkan jerawat menggunakan cuka apel adalah:

  • Campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 3 sendok air (gunakan lebih banyak air jika kulit kalian sensitif)
  • Setelah wajah di bersihkan, oleskan campuran cuka apel dan air itu ke kulit dengan lembut menggunakan bola kapas
  • Diamkan selama 5 – 20 detik, bilas dengan air dan keringkan
  • Ulangi proses ini 1 – 2 kali per hari sesuai kebutuhan

Mengoleskan cuka apel ke kulit bisa menyebabkan luka bakar dan iritasi sehingga harus selalu di gunakan dalam jumlah kecil serta di encerkan dengan air.

3. Oleskan Lidah Buaya

aloe vera gel dapat membantu menghilangkan jerawat
Photo by Darya Grey_Owl on Pexels.com

Lidah Buaya merupakan tanaman tropis yang daunnya bisa menghasilkan gel bening. Gel lidah biaya selama ini sering di tambahkan ke lotion, krim, sabun, dan salep. Krim ini biasanya di gunakan untuk mengobati lecet, luka bakar, ruam, dan kondisi kulit lainnya.

Saat di gunakan ke kulit, gel lidah buaya bisa membantu menyembuhkan luka, mengobati luka bakar, serta melawan peradangan. Lidah buaya juga punya asam salisilat serta sulfur di mana keduanya di gunakan secara luas dalam pengobatan jerawat.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan asam salisilat ke kulit bisa secara signifikan mengurangi jerawat. Begitu pula dengan penerapan sulful yang terbukti bisa menjadi pengobatan jerawat begitu pula dengan penerapan sulfur telah terbukti bisa menjadi pengbatan jerawat yang efektif. Cara alami menghilangkan jerawat dengan lidah buaya adalah:

  • Kerok lidah buaya dengan sendok
  • Oleskan gel secara langsung untuk membersihkan kulit sebagai pelembab
  • Ulangi 1 – 2 kali per hari atau sesuai keinginan

Kalian juga bisa membeli gel lidah buaya dari toko, namun pastikan itu merupakan lidah buaya murni tanpa bahan tambahan.

4. Konsumsi Makanan Sumber Zinc

Konsumsi Makanan Sumber Zinc

Zinc atau seng merupakan nutrisi penting yang di perlukan tubuh untuk pertumbuhan sel, metabolisme, produksi hormon, serta fungsi kekebalan tubuh. Penggunaan nutrisi ini juga termasuk salah satu perawatan alami untuk jerawat yang paling banyak di pelajari.

Penelitian menunjukkan bahwa orang – orang dengan jerawat cenderung memiliki kadar seng yang lebih rendah dalam darah mereka daripada mereka yang punya kulit bersih. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi seng secara oral bisa membantu mengurangi jerawat.

Selain makanan dengan seng tinggi, konsumsi seng dalam bentuk suplemen juga bisa di lakukan. Dalam sebuah studi, 48 pasien dengan jerawat di berikan suplemen seng oral tiga kali sehari. Setelah 8 minggu, 38 pasien di dapati mengalami pengurangan jerawat 80 – 100 persen.

Dosis optimal seng untuk jerawat belum di tetapkan, namun beberapa penelitian sudah menunjukkan pengurangan signifikan jerawat menggunakan 30 – 45 mg unsur seng per hari. Sementara, batas atas asupan seng yang direkomendasikan aman adalah 40 mg per hari.

Jadi, hal yang terbaik dalam mengasup zinc untuk menghilangkan jerawat adalah tidak melebihi jumlah itu kecuali di bawah pengawasan dokter. Terlalu banyak mengonsumsi seng bisa menyebabkan efek samping, termasuk sakit perut dan iritasi usus.

Oenting untuk dicatat bahwa pengolesan seng pada kulit belum terbukti efektif. Hal ini mungkin saja terjadi karena mineral tak di serap secara efektif dari kulit.

5. Konsumsi Makanan Sumber Lemak Omega 3

Konsumsi Makanan Sumber Lemak Omega 3

Asam lemak omega 3 merupakan lemak yang sangat sehat yang menawarkan banyak manfaat kesehatan. Minyak ikan mengandung dua jenis utama asam lemak omega 3 yaitu asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

EPA bermanfaat bagi kulit dalam beberapa cara, termasuk mengelola produksi minya, menghidrasi, serta mencegah jerawat. Tingginya kadar EPA dan DHA terbukti bisa mengurangi faktor peradangan yang bisa mengurangi risiko jerawat.

Beberapa makanan tinggi asam omega 3 yang baik di konsumsi di antaranya adalah salmon, sarden, teri, biji chia, kenari, serta biji rami giling. Selain dari makanan, asam omega 3 bisa di peroleh dari konsumsi suplemen. Cara mengatasi jerawat secara alami ini akan membantu kalian melalui perawatan dari dalam yang tentunya lebih efektif dan bertahan lebih lama.

6. Oleskan Masker Madu dan Kayu Manis

Oleskan Masker Madu dan Kayu Manis

Madu dan kayu manis merupakan bahan masak dapur penghilang jerawat yang mengandung sumber antioksidan yang sangat baik dan bisa menghilangkan jerawat secara alami. Menerapkan antioksidan pada kulit lebih efektif dalam mengurangi jerawat di bandingkan benzoil peroksida dan retinoid.

Antioksidan tersebut adalah vitamin B3, asam lemak linoleat (omega-6) dan natrium ascorbyl fosfat (SAP), yang merupakan turunan vitamin C. antioksidan spesifik ini tak di temukan dalam madu dan kayu manis, namun ada kemungkinan antioksidan lain yang terkandung di dalam dua bahan alami itu punya efek yang sama.

Madu serta kayu manis juga punya sifat antibakteri yang bisa mengurangi peradangan yang merupakan dua faktor utama yang bisa memicu jerawat. Walaupun memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang bermanfaat untuk kulit berjerawat, namun memang belum tersedia penelitian mengenai kemampuan kedua bahan itu dalam mengobati jerawat. Cara menggunakannya adalah:

  • Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok the kayu manis bersama untuk membentuk bahan masker
  • Bersihkan wajah lalu oleskan masker ke wajah. Biarkan 10 – 15 menit
  • Bilas masker sampai bersih dan tepuk – tepuk wajah sampai kering

7. Terapkan Diet Rendah Glikemik

woman measuring waist with tape in gym
Photo by Andres Ayrton on Pexels.com

Hubungan diet dan jerawat sudah lama sekali di perdebatkan. Bukti terbaru menunjukkan bahwa faktir makanan seperti insulin dan indeks glikemik bisa di kaitkan dengan jerawat. Indeks glikemik makanan atau GI adalah ukuran seberapa cepat makanan itu bisa meningkatkan gula darah.

Makan makanan tinggi GI bisa menyebabkan lonjakan insulin yang di perkirakan akan meningkatkan produksi sebum. Karena itulah, makanan dengan GI yang tinggi di yakini mempunyai efek langsung pada perkembangan serta tingkat keparahan jerawat.

Makanan yang termasuk mempunyai indeks glikemik yang tinggi seperti roti putih, minuman ringan bergula, kue, donat, kue kering, permen, sereal sarapan manis, dan makanan olahan lainnya. Sementara, makanan dengan indeks glikemik rendah adalah seperti buah – buahan, sayuran, biji – bijian, dan kacang – kacangan.

8. Oleskan Tea Tree Oil

oleskan tea tree oil membantu menghilangkan jerawat

Tea Tree oil atau minyak pohon teh merupakan minyak esensial yang di peroleh dari hasil ekstraksi daun the atau Melaleuca. Bahan ini sudah di kenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit sehingga bisa menjadi salah satu cara alami hilangkan jerawat dan bekasnya.

Apalagi, beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengoleskan tea tree oil 5% ke kulit secara efektif bisa mengurangi jerawat. Jika di bandingkan dengan 5 persen benzoil peroksida, minyak pohon teh 5 persen memang tidak bekerja dengan cepat namun bisa secara signifikan menghilangkan jerawat setelah 3 bulan penggunaan.

Tea tree oil juga mempunya efek samping yang lebih sedikit jika di bandingkan dengan benzoil peroksida yang bisa menimbulkan kekeringan, iritasi, dan terbakar. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Campurkan 1 sendok tea tree oil dengan 9 sendok air
  • Celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan ke daerah yang mengalami jerawat
  • Oleskan pelembab jika di inginkan
  • Ulangi proses ini 1 – 2 kali per hari sesuai kebutuhan

atau kamu juga bisa menggunakan TIGRIS ACNE SERUM AND PORE MINIMIZER untuk membantu menghilangkan jerawat yang membandel. Kamu bisa mendapatkan produk ini dari website remsi atau E- Commerce Tigris seperti: Bli bli, Shopee, dan Tokopedia.

9. Kurangi Atau Hindari Stress

Kurangi Atau Hindari Stress dapat menghilangkan jerawat
Photo by energepic.com on Pexels.com

Hormon yang di lepaskan selama periode stress bisa meningkatkan produksi sebum serta peradangan kulit sehingga membuat jerawat lebih buruk. Banyak penelitian yang mengaitkan stress dengan peningkatan keparahan jerawat.

Apalagi stress bisa memperlambat penyembuhan luka hingga 40 persen yang bisa memperlambat perbaikan lesi jerawat. Perawatan relaksasi dan pengurangan stress tertentu telah terbukti menjadi cara ampuh menghilangkan jerawat secara alami namun lebih banyak penelitian yang perlu di lakukan. Beberapa cara mengurangi stress yang bisa kalian lakukan adalah:

  • Tidur lebih banyak
  • Lakukan aktivitas fisik
  • Latihan yoga
  • Sering ambil nafas dalam
  • Berkonsultasi dengan ahli

10. Oleskan Teh Hijau

Oleskan Teh Hijau
Photo by Charlotte May on Pexels.com

Teh hijau mengandung antioksidan yang sangat tinggi. Meminum teh hijau bisa meningkatkan kesehatan. Memang belum ada penelitian yang mengungkapkan manfaat dari minum teh hijau saat timbul jerawat, namun menerapkannya langsung ke kulit sudah terbukti bisa membantu. Hal ini terjadi kemungkinan karena flavonoid dan tanin dalam teh hijau di ketahui membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan.

Antioksidan utama dalam tek hijau adalah epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang terbukti bisa mengurangi produksi sebum, melawan peradangan serta menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada individu dengan kulit yang cenderung berjerawat.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa menggunakan ekstrak teh hijau 2 – 3 persen di kulit bisa menjadi cara cepat hilangkan jerawat secara alami karena bisa mengurangi produksi sebum serta jerawat. Cara menggunakannya adalah:

  • Seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3 – 4 menit
  • Biarkan teh menjadi dingin
  • Dengan bola kapas, oleskan teh ke kulit atau tuangkan ke dalam botol semprot untuk disemprotkan
  • Biarkan mengering, lalu bilas dengan air dan keringkan
  • Kalian juga bisa menambahkan sisa daun teh ke madu dan membuat masker

Walaupun tak ada bukti bahwa minum teh hijau bisa melawan jerawat, beberapa penelitian menunjukkan itu mungkin masih bermanfaat. Contohnya, bisa menurunkan kadar gula darah dan insulin yang merupakan faktor yang bisa berkontribusi pada pengembangan jerawat.

Jerawat memang bisa mengganggu kita dalam menjalani aktivitas sehari – hari serta membuat kita tidak pede jika tidak menutupinya. Apalagi, jika jerawat kalian para Tizzy memenuhi seluruh wajah pasti akan sangat mengganggu dan tidak mengenakkan.

Namun, penggunaan skincare yang salah dan berlebihan juga sebenarnya tak akan bagus untuk kalian. Apalagi jika kalian belum paham betul bagaimana cara kerjanya. Jadi, penggunaan bahan alami pasti akan jauh lebih baik. Semoga bermanfaat.