CategoriesKulit & Kecantikan

Manfaat Facial Wash Selain Untuk Membersihkan Kulit Wajah

Apa Itu Facial Wash

Facial wash merupakan sabun pembersih wajah yang diformulasikan khusus untuk membersihkan wajah. Biasanya facial wash sering digunakan saat bangun tidur dan sebelum tidur, setelah memakai make up sepanjang hari dan skincare yang digunakan saat malam hari.

Wajah tentunya merupakan daerah sensitive dan harus dilakukan perawatan ekstra sehingga menjadi lebih baik. Maka dari itu sangat penting menggunakan facial wash untuk membersihkan wajah yang digunakan secara rutin.

Penggunaan facial wash harus disesuaikan dengan jenis kulit, sebab masing – masing jenis kulit harus dilakukan perawatan yang berbeda, misalnya jenis kulit wajah berjerawat dengan wajah normal tentunya akan sangat berbeda.

Facial wash adalah bagian penting dari perawatan wajah yang bisa dilakukan dimana saja. Membersihkan kotoran yang ada pada wajah, menghilangkan noda berminyak, serta pori – pori bisa terbuka.

Apa Saja Manfaat Menggunakan Facial Wash?

Sekarang, banyak orang mulai menggunakan produk facial wash yang terjual diberbagai tempat, dan untuk anda yang ingin bingung beli dimana face wash terbaik, silahkan klik link disini.

Pastinya face wash dapat memberikan manfaat ketika digunakan, dan untuk kalian yang kurang tahu apa saja manfaat yang diberikan facial wash. Berikut yang akan anda rasakan dan dapatkan penggunaan produk sabun muka:

1.     Mencegah infeksi mata

Setelah beraktivitas, area wajah hingga mata sudah terkena debu dan kotoran, apabila jika tidak dibersihkan maka resiko mengalami infeksi seperti bengkak yang diakibatkan oleh debu yang menempel pada area sekitar wajah, dan facial wash hadir untuk membantu penggunanya agar terhindar dari resiko infeksi tersebut.

2.     Meregenerasi Kulit

Saat tidur kulit akan melakukan regenerasi, dalam prosesnya sel – sel kulit baru akan menggantikan sel kulit yang mati. Oleh sebab itu jika kulit wajah anda kotor maka hal itu akan menghambat regenerasi sehingga wajah menjadi tampak kusam dan tidak segar.

Proses regenerasi kulit akan membuat kulit menjadi lebih bersih, sehat, serta lembut sehingga terhindar dari kerutan dan garis halus yang menandakan penuaan.

3.     Membersihkan Pori – Pori Kulit

Mencuci muka dengan face wash akan membuat pori – pori kulit menjadi lebih bersih. Sedikit tips sebelum anda mencuci muka dengan face wash sebaiknya anda bersihkan terlebih dahulu dengan micellar water untuk membersihkan makeup yang dipakai selama seharian beraktivitas.

4.     Mengurangi Resiko Jerawat

Membersihkan wajah saat malam hari setelah beraktivitas seharian yang kemungkinan wajah penuh dengan kotoran, debu polusi, hingga terkena sinar matahari sehingga menyumbat pori – pori kulit dan menimbulkan banyak bakteri yang menyebabkan jerawat dan Komedo. Dengan mencuci muka sebelum tidur maka akan mengurangi resiko jerawat yang muncul.

5.     Penggunaan Skincare Lebih Optimal

Penggunaan skincare routine yang baik wajah sebaiknya tetap dalam kondisi bersih, oleh karenanya anda sebaiknya mencuci muka lebih dulu menggunakan face wash sebelum menggunakan rangkaian skincare routine anda. Bahkan dengan mencuci muka maka nutrisi yang terserap dari penggunaan skincare menjadi lebih optimal.

Cara Memakai Facial Wash

Membersihkan wajah dengan facial wash memang sangat mudah dilakukan, tetapi masih ada beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika mencuci muka dengan menggunakan sabun muka. Hal ini di ingatkan untuk anda tetap menjaga kebersihan serta mendapat manfaat maksimal dari pengguanaan face wash. Berikut adalah cara memakai facial wash:

1.     Pastikan Tangan Selalu Keadaan Bersih

Pertama tentu saja anda harus memastikan jika tangan anda dalam keadaan bersih sebelum membersihkan wajah, karena jika ada kemungkinan bakteri yang berada di tangan akan pindah ke area kulit wajah. Oleh sebab itu sebaiknya anda mencuci tangan terlebih dahulu sebelum mencuci muka.

2.     Basuh Wajah Dengan Air Hangat

Sebelum membersihkan kulit wajah dengan facial wash, sebaiknya anda membasuh muka menggunakan air hangat terlebih dahulu. Sebab menggunakan air hangat maka pori – pori di wajah akan terbuka sehingga nutrisi dan kandungan yang ada pada face wash menyerap dengan lebih sempurna.

3.     Urutkan Pemakaian Produk Dengan Benar

Pemakaian urutan produk skincare routine Anda dengan benar juga menjadi faktor penting untuk kesehatan kulit wajah. Urutan pemakaian skincare pertama diawali dengan cleanser yang mengandung formula oil atau balm untuk membersihkan kotoran dan sisa makeup, dan selanjutnya residu dari sisa makeupnya akan diangkat oleh micellar water, lalu dibersihkan lagi dengan face wash.

4.     Hindari Face Wash Mengandung Scrub

Sebaiknya hindari terlalu sering penggunaan face wash yang berbahan scrub dan berfungsi sebagai eksfoliasi. Merawat kulit memang harus maksimal tetapi penggunaan yang berlebihan juga tidak baik untuk kulit wajah. Jika anda terlalu sering menggunakan scrub, maka jaringan kulit akan mengalami iritasi dan berakhir dengan rusaknya jaringan sel kulit wajah. Akhirnya, bukan manfaat dan kesehatan kulit yang didapat tetapi permasalahan kulit yang semakin parah.

5.     Lakukan Dua Kali Sehari

Terakhir dalam cara memakai facial wash adalah membersihkanya sebanyak dua kali sehari, hal ini dilakukan untuk menjaga kelembapan kulit wajah yang lebih terjaga. Penggunaan pertama pada waktu pagi hari untuk membersihkan sisa kotoran dan sel – sel kulit mati. Kedua gunakan face wash sebelum tidur untuk membersihkan kotoran, minyak, dan sisa make up setelah beraktivitas di luar rumah.