CategoriesTips & Tricks

Tips Make up Natural Tahan Lama, Dijamin Tak Gampang Luntur

Make up natural menjadi salah satu pilihan untuk merias bagian wajah yang paling populer saat ini. Apalagi pengaplikasiannya juga terbilang mudah dilakukan. Pemula sekalipun sudah pasti bisa mencobanya.

Namun, biasanya makeup ini juga punya kendala seperti mudah pudar atau luntur. Tentu saja hal ini akan membuat kalian  tak nyaman dan turun kepercayaan diri, kan? Tenang, kali ini ada tips make up biar awet tahan lama yang akan Tigris bagikan. Simak ulasannya berikut ini.

1. Gunakan Produk Sesuai Jenis Kulit

Hal pertama dan utama yang harus dilakukan untuk makeup tahan lama adalah memperhatikan produk yang digunakan. Kalian harus memilih formula kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit.

Sebagai contoh, bagi pemilik jenis kulit kering bisa menggunakan foundation cair dengan kandungan hyaluronic acid. Sementara yang memiliki kulit berminyak, penggunaan foundation dengan komposisi salicylic acid bisa mengontrol produksi minyak pada kulit.

2. Eksfoliasi Wajah Secara Rutin

Tips selanjutnya untuk tetap awet adalah eksfoliasi wajah secara rutin. Pasalnya, adanya banyak sel kulit mati tidak akan membuat makeup tidak tahan lama. Eksfoliasi akan membuat kulit wajah bersih dan sehat, sehingga nantinya kosmetik bisa menempel sempurna pada kulit.

Bagi pemilik kulit berminyak, eksfoliasi bisa dilakukan tiga kali dalam seminggu. Sementara untuk jenis kulit wajah kering, dapat dilakukan dua kali dalam seminggu.

3. Bersihkan Wajah dan Gunakan Skincare

Selain melakukan eksfoliasi, wajah juga harus dibersihkan terlebih dahulu sebelum dirias agar makeup tahan lebih lama. Tujuannya agar wajah bersih bebas dari debu, kotoran, dan sel kulit mati.

Langkah selanjutnya setelah membersihkan wajah adalah menggunakan skincare. Penggunaan skincare bertujuan agar kulit terhidrasi, mengurangi risiko wajah breakout, dan make up natural terlihat semakin flawless.

4. Menggunakan Primer sebelum Aplikasi Riasan

Tips agar makeup sempurna dan tahan lama selanjutnya dengan pengaplikasian primer. Penggunaan primer sebelum make up wajah akan membantu menjaga kelembapan kulit, foundation nantinya bisa menempel sempurna pada kulit, dan make up tidak mudah luntur akibat keringat dan kadar minyak berlebih.

5. Semprotkan Setting Spray

Tips make up natural tahan lama berikutnya adalah dengan menyemprotkan setting spray. Kelembapan yang diberikan dari setting spray di tahap akhir makeup ini bisa membantu riasan tahan lebih lama. Pengaplikasiannya sebaiknya berjarak enam inci dari wajah dan semprot secukupnya.

6. Sesuaikan Foundation dan Concealer dengan Skin Tone Wajah

Buat kalian yang masih pemula, penggunaan foundation dan concealer perlu dijadikan perhatian. Untuk make up natural, sebaiknya memilih foundation dan concealer sesuai skin tone wajah.

Selain itu, penting juga untuk mencegah makeup luntur dengan memperhatikan ketebalan dan kekentalan foundation saat diaplikasikan ke wajah. Lapisan foundation yang tebal justru tidak akan menempel dengan baik pada kulit wajah. Bahkan cenderung luntur setelah beberapa jam. Cukup aplikasikan tipis saja dengan jari atau spons rias ke bagian wajah.

7. Aplikasikan Bedak Sesuai Jenis Kulit Wajah

Bedak menjadi salah satu bagian penting dalam make up natural. Bedak dapat menyempurnakan makeup, membantu meratakan warna kulit, menutupi kekurangan kulit wajah, dan membantu menyerap minyak berlebih.

Namun perlu memperhatikan juga bedak yang cocok sesuai jenis kulit agar make up tidak mudah luntur atau pudar. Pemilik kulit normal atau kering ada baiknya menggunakan bedak padat untuk make up natural tahan lebih lama.

Sementara jenis kulit wajah berminyak, penggunaan bedak tabur lebih disarankan karena dapat menempel lebih baik sekaligus mengikat minyak berlebih. Kalian bisa menambahkan lapisan bedak pada zona T dan area dagu. Selain itu, bedak tabur juga cocok untuk wajah berjerawat dan berkomedo.

Nah, itulah tadi tips make up natural tahan lama yang bisa diterapkan dengan mudah, termasuk bagi para pemula. Buat kalian yang mau dapatkan beragam produk make up natural aman dengan harga hemat, maka percayakan saja kepada Tigris.